Wednesday 25 October 2017

Fox Sports Asia : Liga 1 Paling Kompetitif di Asia Tenggara



Kompetisi Sepakbola Indonesia Liga 1 musim 2017, dinillai paling bagus dan paling kompetitif di Asia Tenggara. Penilaian ini datang dari Fox Sports Asia.




Laman resmi Liga Indonesia melaporkan tulisannya, bahwa dalam artikel berjudul Liga One Hotting Up yang tayang di webnya, foxsportsasia.com, Fox Sports Asia mengulas perjalanan dan persaingan di kasta teratas kompetisi sepakbola profesional di negara-negara Asia Tenggara. Dan, kompetisi teratas dalam piramida kompetisi sepakbola profesional di Tanah Air yang musim ini bertajuk  Liga 1 / 2017, dinilai yang paling kompetitif.

Thai Premier League masih menyandang status sebagai yang terdepan. Tapi, kasta teratas kompetisi sepakbola profesional di Thailand itu hanya didominasi 2 klub. Sejak 2009, Muangthong United dan Buriram United bergantian merebut mahkota juara.


Situasi tak berbeda terjadi di Malaysia Super League (Malaysia). Empat musim terakhir, termasuk musim ini, Johor Darul Ta'zim jadi yang terdepan. Begitu juga dengan V League 1 (Vietnam) yang 2 musim terakhir dirajai Ha Noi.

Di  Liga 1 / 2017, Fox Sports Asia  menyajikan hal yang berbeda. Disuguhi pemberitaan tentang datangnya sejumlah pemain kelas dunia seperti Michael Essien, Carlton Cole, Didier Zokora, Mohammed Sissoko, dan Peter Odemwingie, persaingan yang disuguhkan  Liga 1/ 2017 jauh lebih sengit.


Per 20 Oktober 2017,  Liga 1/ 2017 sisakan 4 pekan. Namun, perebutan mahkota juara masih terbuka untuk sejumlah klub. Selisih perolehan poin klub yang menghuni posisi 5 besar bisa jadi tolok ukur. Koleksi poin klub menghuni posisi teratas dengan penghuni peringkat 5 klasemen hanya berselisih 5 poin.


Makin menarik, menurut Fox Sports Asia, karena klub-klub dengan nama besar seperti Persib Bandung, Persija Jakarta, dan Arema FC justru tak ada dalam deret 5 teratas klasemen. Sebelum direbut PSM Makassar usai menang 3-1 atas Persiba Balikpapan, posisi puncak klasemen Liga 1/ 2017 diduduki Bhayangkara FC.


Bukan saja pendatang baru di level teratas kompetisi sepakbola profesional Tanah Air, Bhayangkara FC yang notabene hasil merger Surabaya United dengan PS Polri pun sejatinya tak pernah menempati posisi puncak klasemen sepanjang putaran 1. Begitu juga dengan salah 1 rival utamanya dalam perebutan gelar juara musim ini, Bali United. Hanya berselisih 1 angka, Bali United pun tak pernah mencicipi puncak klasemen sepanjang putaran 1.

Lebih dari itu, sejatinya  Liga 1 / 2017 pun mendapatkan perhatian yang besar dari publik sepakbola Indonesia. Per 23 Oktober 2017, 2.369.783 orang menyaksikan langsung 273 laga Liga 1 2017 di stadion.

No comments:

Post a Comment

OPINI / ESAI :

Jadikan Piala Presiden seperti Copa del Rey

Piala Presiden seperti Copa del Rey ? Kenapa tidak ?