Tuesday 5 September 2017

Piala AFF U-18: Timnas Indonesia kandaskan Myanmar 2-1


Saddil Ramdhani coba melewati pemain Myanmar. Foto : PSSI.

Tim Nasional Indonesia U-19 berhasil mengkandaskan Myanmar dengan skor 2-1. Kemenangan perdana  ini diraih Egy Maulana dkk,  di Stadion Thuwunna, Yangon, Selasa malam (5/9/2017), di ajang Piala AFF U-18/2017.

Indonesia sempat tertinggal 0-1 lewat sepakan kaki Myat Kaung Khant di menit ke-27. Sementara itu dua gol timnas asuhan Indra Sjafri diborong, oleh Egy Maulana Vikri di menit 71 dan 92.

Jalannya pertandingan.
Babak pertama tuan rumah Myanmar langsung mengambil inisiatif untuk menekan pertahanan Garuda Nusantara.

Sepanjang delapan menit jual beli serangan berlangsung dari kedua tim, namun belum ada tendangan tepat yang langsung mengarah ke gawang masing-masing tim.

Baru pada menit ke sembilan, ada tendangan langsung ke gawang kiper timnas U-19, M. Riyandi dari salah satu pemain Myanmar.

Situs PSSI melaporkan, Indonesia bukan tanpa serangan, tusukan dari pemain bek sayap kiri, Firza Andika dan Egy Maulana Vikri sempat merepotkan pertahanan Myanmar.

Dalam pertandingan babak pertama ini, Egy dijaga ketat oleh para pemain lawan. Petaka terjadi saat menit ke 27, sepakan dari pemain Myanmar yang bernama Myat Kaung Khant berhasil menggetarkan jala gawang M. Riyandi. 1-0 untuk keunggulan Myanmar.

Merespon gol tersebut, Indra Sjafri melakukan pergantian pemain pada menit ke 41. Muhammad Iqbal keluar digantikan oleh Syahrin Abimanyu.

Skor 1-0 untuk keunggulan sementara tuan rumah. Hasil itu bertahan hingga wasit meniupkan pluit tanda berakhirnya babak pertama.

Meski begitu, pada babak pertama, timnas juga menciptakan beberapa peluang walau tidak sebanyak tim tuan rumah.

Babak kedua, Garuda Nusantara menggebrak. Mereka langsung menekan pertahanan lawan. Pergantian pemain kembali dilakukan oleh Indra Sjafri. Samuel Christianson masuk menggantikan Firza Andika yang mengalami cedera.

Pergantian tersebut terhitung efektif, permainan anak-anak Garuda Nusantara mengalami perkembangan yang cukup signifikan dan mereka terus menekan lawan.

Puncaknya, saat Egy Maulana Vikri membuat gol pembuka bagi timnya di menit 71. Skor sama kuat 1-1.

Golnya tersebut membuat anak-anak U-19 kembali bergairah. Lawan terus ditekan dan hasilnya Egy kembali membuat gol, sekaligus keduanya di pertandingan dan turnamen ini pada menit ke 92. Skor 2-1 untuk keunggulan Indonesia bertahan hingga akhir pertandingan.

Dengan hasil 2-1 ini, menjadikan modal manis untuk perjalanan timnas U-19 dalam turnamen piala AFF U-18 2017. Berikutnya, mereka akan berhadapan dengan

Susunan Pemain Kedua Tim:
Timnas Indonesia U-19: 
Muhammad Riyandi (GK), Rifad Marasabessy, Rachmat Irianto, Nurhidayat Haris, Firza Andika; Muhammad Iqbal, Lutfi Baharsyah, Feby Eka Putra; Egy Maulana Vikri, Hanis Saghara, Saddil Ramdani.
Pelatih: Indra Sjafri

Myanmar U-19: 
Htet Wai Yan Soe (HK), Thet Paing Htwe, Si Thu Moe, Soe Moe Kyaw; Myat Kaung Khant, Lwin Moe Aung, Eant Maw Oo; Hein Htet Aung, Win Naing Tun, Pyae Sone Naing.
Pelatih: Rabah Benlarbi

No comments:

Post a Comment

OPINI / ESAI :

Jadikan Piala Presiden seperti Copa del Rey

Piala Presiden seperti Copa del Rey ? Kenapa tidak ?