Saturday 23 September 2017

Sutan Zico, Striker Masa Depan Timnas Indonesia.


Pada masa-masa mendatang,  Timnas Sepakbola Indonesia akan mempunyai pilihan striker hebat. Salah satu striker itu, saat ini sedang memperkuat Timnas Indonesia U-16. Dia bernama Sutan Zico. Nama lengkapnya Sutan Diego Armando Andriano Zico

Sutan Zico mencuri perhatian pecinta sepakbola Indonesia, karena mencetak 5 gol ke gawang timnas sepakbola Mariana Utara, pada laga perdana Babak Kualifikasi Piala AFC U-16 di Stadion Rajamangala Bangkok Thailand, Sabtu (16/9/2017). Ketika itu Indonesia menang dengan skor mencolok 18-0.

Sutan Zico merupakan pemain baru yang dipanggil oleh pelatih kepala timnas U-16, Fakhri Husaini dari SSB Bina Taruna, Jakarta. Ia direkrut untuk bergabung di pemusatan latihan kedua,  setelah Garuda Asia mengalami hasil kurang memuaskan di piala AFF U-15 bulan Juli yang lalu.

Pemain yang mengambil potongan dua nama dari dua legenda pesepakbola dunia asal Brasil (Zico) danArgentina (Diego Armando), mendapatkan pujian dari Fakhri.

Baca Juga : Egy Maulana Vikri, calon Lionel Messi-nya Indonesia.

“Lima gol dari Zico membuatnya memperlihatkan diri bahwa dia layak dimainkan, kemampuannya dan penempatan dirinya tepat tidak diragukan lagi,” puji Fakhri Husaini seperti dilansir PSSI.

"Ini masih pertandingan pertama dan perdana buat kami. Saya masih ingin melihat dia bisa terus berkembang di setiap pertandingan,” katanya.

Sutan Zico sudah menunjukkan kemampuannya dalam mencetak gol di turnamen resmi perdananya, sekaligus terlibat dalam membela tim nasional Indonesia.

Sutan Zico mengatakan bangga bisa mencetak gol.
“Saya senang pelatih percaya untuk memainkan saya di babak kedua. Tentunya saya balas kepercayaan pelatih dengan gol. Saya terima kasih kepada pelatih. Meski menang, saya tetap menaruh respek kepada lawan kami kemarin. Seperti yang pelatih bilang ke saya dan kami semua sebagai pemain di tim ini,” kata Sutan Zico.

Sutan Zico juga mengingat apa kata-kata pelatihnya, usai pertandingan melawan Kepulauan Mariana Utara.

“Coach Fakhri juga mengatakan jangan terlalu berlebihan menyambut kemenangan ini, tetap harus elegan dalam merayakan kemenangan," tuturnya.

Dirinya juga menceritakan pengalaman-pengalaman berkesannya selama bermain sepak bola.

“Saya senang bahwa sepak bola bisa membawa saya jalan-jalan keluar negeri. Bertemu banyak teman-teman baru, mendapatkan ilmu lebih dari mereka. Saya juga sempat sebelumnya berkenalan dengan dua kembar di timnas U-16 Bagas dan Bagus. Serta Brylian Aldama saat di akademi Chelsea,” ungkap Sutan Zico.

Sutan Zico mengaku bahagia saat pertama kali menjadi kapten tim di ajang Gothia Cup kategori U-15.
“Ya, saat itu saya merasa sangat bangga, namun tetap deg-degan. Karena kapten mempunyai tanggung jawab besar untuk rekan-rekan,” katanya.

Profil :
Nama: Sutan Diego Armando Andriano Zico
Tempat tanggal lahir: Jakarta, 7 April 2002
Asal Akademi Saat Ini: Sekolah Sepak Bola Bina Taruna, Jakarta
Pemain Idola: Robert Lewandowski
Nomor Punggung: 9

Karir bermain:
- 2014, Piala Danone di Brasil
- 2014, Chelsea Soccer School Singapura
- 2017, FC Bayern Youth Cup di Jerman
- 2017, Gothia Cup 2017 bersama klub LKG-SGF Indonesia
- 2017, Chelsea Soccer School Indonesia
- 2017, Tim Nasional Indonesia U-16 (Kualifikasi Piala AFC U-16 2017).

No comments:

Post a Comment

OPINI / ESAI :

Jadikan Piala Presiden seperti Copa del Rey

Piala Presiden seperti Copa del Rey ? Kenapa tidak ?