Thursday 7 September 2017

Wasit Curang, Pertandingan Afsel vs Senegal diulang



Karena Wasit bertindak curang, pertandingan Babak Kualifikasi Piala Dunia 2018 antara Afrika Selatan (Afsel) lawan Senegal, terpaksa harus diulang.

FIFA (Federasi Sepakbola Dunia) telah menyelidiki pertandingan antara Afsel vs Senegal, yang terjadi pada bulan November 2016 silam. Menurut FIFA, pertandingan itu penuh kecurangan, terutama wasit yang memimpin pertandingan. Pada saat itu, Afrika Selatan mengalahkan Senegal dengan skor 2-1.

Pertandingan antara Afsel vs Senegal harus diulang, karena Wasit asal Ghana Joseph Lamptey memberikan hadiah pinalti kepada Afrika Selatan. Pinalti kontroversial ini mengantarkan kemenangan Afsel atas Senegal.

Komisi Wasit FIFA saat ini sudah menjatuhkan sanksi pada wasit Joseph Lamptey, yaitu berupa larangan seumur hidup tidak boleh berkecimpung di dunia sepakbola, terutama bidang perwasitan.

Sebelum mendapat hukuman dari FIFA, Josep juga sudah mendapat sanksi ringan dari Federasi Sepakbola Afrika (CAF), yaitu tidak boleh memimpin pertandingan selama tiga bulan.

Pembatalan pertandingan antara Afsel vs Senegal,  disambut suka cita Tim Sepakbola Senegal. Maklum, saat ini Senegal berada di urutan ketiga klasemen sementara Grup D Zona Afrika. Diatas Senegal ada Cape Verde dan Burkina Faso.

Senegal masih menyisakan dua pertandingan. Dari  Grup D, hanya juara grup saja yang lolos ke Putaran Final Piala Dunia 2018 di Rusia.

Menurut Kantor Berita AFP, laga tanding ulang antara Afrika Selatan lawan Senegal, akan digelar bulan November 2017.

No comments:

Post a Comment

OPINI / ESAI :

Jadikan Piala Presiden seperti Copa del Rey

Piala Presiden seperti Copa del Rey ? Kenapa tidak ?