Sunday 24 September 2017

Wanda Metropolitano, Stadion Baru Atletico Madrid


Stadion baru, semangat baru ! Begitulah kira-kira yang dirasakan para pemain Atletico Madrid.
Atletico Madrid kini memiliki stadion baru bernama Wanda Metropolitano. Stadion lama Vicente Calderon  tidak dipakai lagi oleh Atletico, karena tidak mampu menampung penonton yang terus bertambah, apalagi jika Atletico Madrid bersua musuh sekota Real Madrid.

Stadion Wanda Metropolitano, sebenarnya sudah dibangun tahun 1990 dan selesai  tahun 1993. Sempat dibuka tahun 1994 oleh Pemerintah Wilayah Otonom Madrid. . Barulah kemudian tahun 2017 direnovasi besar-besaran untuk  markas Atletico Madrid.


Sebelum direnovasi, hanya mampu menampung 20.000 penonton. Kini setelah direnovasi, mampu memuat 68.000 penonton. Estadio Wanda Metroplitano, dulunya dikenal dengan nama Estadio de La Peineta.  Menurut Wikipedia, La Peineta artinya Sisir, karena bentuk stadion yang mirip Sisir tradisional.

Total biaya pembangunan Stadion Wanda Metropolitano, adalah sekitar  € 300 m. Pembiayaan untuk pekerjaan konstruksi berasal dari milyuner Meksiko Carlos Slim's Inbursa Bank, sementara Wanda Group China telah membayar jumlah yang tidak diketahui untuk hak penamaan Stadion kandang baru Atletico Madrid.

Baca : Millennium Stadium, Stadion Modern Serbaguna

Kenapa dinamakan Wanda Metropolitano ?
Karena Pembangunan/Renovasi ini  membutuhkan dana yang amat besar, maka Presiden Klub Atletico Madrid Enrique Cerezo, menjalin kerja sama dengan perusahaan properti asal China, Dalian Wanbda Group.  Itulah sebabnya namanya menjadi Stadion Wanda Metropolitano.



Menurut Presiden Atletico Madrid Enrique Cerezo ,  Wanda Metropolitano  menjadi  stadion  terbaik di Eropa.  Stadion ini sudah dipakai Atletico Madrid mengarungi Kompetisi Liga Spanyol, dan akan menjadi venue Final Liga Champions 2018.

No comments:

Post a Comment

OPINI / ESAI :

Jadikan Piala Presiden seperti Copa del Rey

Piala Presiden seperti Copa del Rey ? Kenapa tidak ?