Saturday 23 September 2017

Cara Menikmati Pertandingan Sepakbola

Huh, ndeso, katrok, nonton Sepakbola saja kok harus pakai cara . Nonton ya nonton, gitu aja kok repot” demikian kata seorang sobat pada saya, ketika saya melontarkan suatu cara, bahwa nonton sepakbola itu juga ada caranya, ada ilmunya. Tidak hanya asal nonton.


Seorang kawan lain pernah berkata, “saya tidak suka sepakbola, saya kalau nonton sepakbola, waktu seakan berhenti” . Artinya, kalau nonton sepakbola hidup itu tidak berkembang.

Ungkapan-ungkapan itu sebenarnya hanya dimiliki orang yang tidak suka pada dunia sepakbola. Sama persis jika anda tidak suka olahraga Golf, lalu diajak nonton Pertandingan Golf. Seakan-akan  dunia seperti berhenti berputar. Dikasih tiket  gratis pun, saya yakin anda tidak  enjoy nonton Golf.

Pengetahuan tentang sepakbola sebenarnya tidak hanya berlaku bagi para pemain, penonton pun sebenarnya perlu memahami ilmu tentang sepakbola. Dengan demikian, penonton bisa memberikan komentar dengan benar, bahkan bisa nyambung jika diajak diskusi  tentang sepakbola.

Jika ada strata penilaian untuk penonton, penonton yang tidak  mengetahui ilmu tentang sepakbola, adalah penonton yang stratanya masih sekolah SD kelas 1.

Dulu waktu saya masih SD, ketika ada pertandingan di kampung sebelah, saya asal nonton saja, tidak tahu tim mana yang akan menjadi lawan tim kampung saya. Pokoknya asal hore-hore, asal bersorak, asal mencemooh lawan.

Bagi yang suka bola atau bahkan maniak bola, cara ini bisa dilewati. Ibarat kuliah langsung lulus dengan predikat Cum Laude.

Tapi bagi  yang mulai menyenangi sepakbola alias penggemar pemula,  tak ada salahnya cara ini  anda terapkan. Dengan demikian pertandingan yang ditonton, semakin mengasyikkan dan lebih bermakna.

Inilah beberapa Cara Menikmati Pertandingan Sepakbola :

1. Kenali  tim yang bertanding dan Warna Kostumnya.

Kenali dulu tim mana yang bertanding. Sudah pasti anda akan mengenali tim kebanggaan anda terlebih dulu. Jika sudah, kenali juga tim yang menjadi lawan. Ini tahap yang paling mudah.

Jangan lupa kenali warna jersey kebesaran  tim yang anda dukung. Misalnya Persija Jakarta warna kostum kebesaranya adalah Oranye, PSS Sleman warna Hijau, Persib Bandung Biru, PSM Makasar warna Merah, dll.

Baca Juga : JENIS PELANGGARAN DALAM SEPAKBOLA

2. Ketahui event pertandingan.

Setelah  mengetahui tim yang bertanding, ketahui juga event apa pertandingan itu digelar. Apakah kompetisi, turnamen, atau kejuaraan. ? Apakah pertandingan sekelas Piala Dunia, Piala Eropa, Liga Champions, Piala Asia, Piala AFF, Sea Games, Liga Inggris, Liga Spanyol, Liga Italia, Liga 1 Indonesia, Liga 2, Piala Bupati, atau bahkan hanya event sekelas Tarkam (Antar Kampung).

Mengetahui event pertandingan sepakbola, sangat berkaitan dengan sistem pertandingan yang diterapkan. Apakah menggunakan sistem kompetisi penuh, setengah kompetisi, atau sistem sistem gugur.

3. Dimana Tempat pertandingan digelar.

Sebelum menyaksikan pertandingan, baik datang langsung ke stadion atau lewat layar TV. Cari tahu dulu  di Stadion mana pertandingan itu di gelar. Biasanya  ini  berkaitan dengan warna kostum tim yang bertanding.

Contoh konkritnya, jika ada pertandingan Liga Inggris antara Manchester United lawan Chelsea, dan tempatnya di kandang Old Trafford milik Manchester United, sudah pasti Manchester United akan mengenakan Kostum warna Merah, warna kebanggaannya.

Mengetahui tempat pertandingan digelar, juga berkaitan dengan anggaran keuangan. Tentu saja jika anda akan menyaksikan pertandingan bola secara langsung ke stadion.

4. Kenali Nama Pemain.

Tak kenal maka tak sayang. Begitulah pameo mengatakan. Kenali nama-nama pemain yang bertanding. Jika tidak bisa semuanya, minimal mengenali nama-nama pemain dari tim kebanggaan anda sendiri. Tapi tentu akan lebih asyik juga mengenali nama-nama pemain dari tim lawan.

Untuk mengenali nama pemain, bisa dicari lewat teman, Koran/majalah, browsing internet, atau informasi lewat medsos, dll.

5. Kenali Posisi Pemain.

Setelah mengenali nama pemain, tak ada salahnya mengenali posisi si pemain itu. Misalnya,  Gianluigi Buffon berposisi sebagai penjaga gawang, Hansamu Yama Pranata berposisi sebagai Bek, Evan Dimas sebagai Gelandang, Lionel Messi sebagai penyerang, dll.

6. Kenali formasi dan Strategi permainan.

Tahap ini mulai sulit bagi penonton awam yang hanya sekedar menonton. Formasi dan strategi permainan sepakbola, adalah ranahnya seorang pelatih dan pengamat sepakbola.

Tapi penonton yang sudah mampu mengenali formasi dan strategi permainan sepakbola, adalah penonton yag pintar. Pertandingan yang dilihat akan lebih hidup, tidak kosong.

Formasi hampir selalu berkaitan dengan strategi permainan. Tim yang menerapkan formasi 3-4-3, biasanya menerapkan strategi menyerang.
Formasi 3-4-3, artinya 3 pemain belakang, 4 pemain tengah, dan 3 pemain depan.

Ada juga formasi 4-5-1, alias 4 pemain belakang, 5 pemain tengah, dan 1 orang penyerang.
Tim yang menerapkan formasi 4-5-1, biasanya tim yang bertanding di kandang lawan. Apalagi tim yang dihadapi adalah tim kuat. Pelatih hanya memasang 1 orang penyerang, dengan mengandalkan serangan balik (counter attack).

Di dunia sepakbola, banyak formasi dan strategi permainan . Semua tergantung kebutuhan tim dan strategi pelatih. Formasi dan strategi permainan dari suatu tim yang ingin menang, tentu berbeda dengan tim yang hanya pasang target main imbang/seri.

7. Kenali Istilah Permainan Sepakbola.

Tahap ini lebih susah lagi. Aspek kognitif  seseorang sangat berperan. Untuk mengenali istilah Permainan Sepakbola, penonton harus membuka buku. Membeli buku tentang sepakbola adalah cara cerdas. Atau bisa juga browsing di internet.

Banyak istilah-istilah permainan sepakbola menggunakan bahasa asing. Penonton harus memahami apa itu istilah kick-off, off-side, play off, set piece, through pass, corner kick, free kick, flank, miedfielder, second striker, man to man marking, dll.

8. Kenali Aturan Permainan Sepakbola.

Durasi pertandingan sepakbola antara tim senior dengan tim usia 12 tahun tentu berbeda. Inilah salah satu aturan permainan sepakbola yang perlu diketahui.

Banyak sekali aturan pertandingan yang dikeluarkan FIFA (Federasi Sepakbola Dunia), ataupun PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia).

Aturan permainan banyak itemnya, mulai dari pemberian kartu kuning, mengapa kartu merah harus dikeluarkan,  tentang lebar dan panjang lapangan, perangkat pertandingan (wasit dan asisten wasit), jumlah pemain yang diturunkan, jumlah pemain cadangan,  fungsi dari lingkaran tengah  lapangan sepakbola, fungsi dari area kotak pinalti, sistem gugur, sistem kompetisi penuh, dll.

Itulah sekilas Cara  Menikmati Pertandingan Sepakbola. Tentu saja masih ada  cara lain menurut versi anda. Seorang  penonton yang bisa mengusai 8 item tersebut, bolehlah ia  seorang penonton yang cerdas dalam bidang sepakbola.

Apa keuntungan menjadi penonton yang cerdas di bidang sepakbola?
Ia bisa  saja menjadi seorang pemerhati atau pengamat sepakbola. Siapa tahu  media Televisi ada yang mengajak anda sebagai pengulas atau komentator  pertandingan sepakbola.

No comments:

Post a Comment

OPINI / ESAI :

Jadikan Piala Presiden seperti Copa del Rey

Piala Presiden seperti Copa del Rey ? Kenapa tidak ?