Saturday 23 September 2017

Thailand Juara Sepakbola Sea Games 2017


Thailand baru saja merebut Juara Sepakbola Sea Games 2017. Bolehlah diakui,  Thailand memang Rajanya Sepakbola Asean.

Tiga kali berturut-turut, Thailand meraih Emas di cabang Sepakbola  Sea Games. Sea Games 20132015, dan kini 2017.



Emas terakhir diraih di Stadion Shah Alam  Malaysia, saat Timnas Thailand mengalahkan tuan rumah Malaysia dengan skor 1-0, pada hari Selasa malam (29/8/2017).

Lepasnya medali emas dari cabang sepakbola putra, tentu terasa hambar bagi Malaysia, meskipun Malaysia tampil sebahai Juara Umum Sea Games 2017 di negaranya sendiri.

Apa yang membuat kemenangan tersebut semakin mendalam bagi orang Thailand adalah kenyataan bahwa itu adalah gol bunuh diri, seperti yang terjadi di final pada tahun 2001, yang akhirnya mengkandaskan tuan rumah Malaysia.

Kembali 16 tahun lalu, itu adalah kiper Kamaruzaman Hassan yang memasukkan bola ke gawangnya sendiri dari pojok kanan pada akhir laga.

Sementara saat ini, kiper Haziq Nadzli di menit ke-39 yang meninju bola lambung , hasil sepak pojok pemain Thailand.  Maksud hato ingin menghalau bola, tapi bola justru masuk ke gawang sendiri. Sungguh tragis nasib Malaysia.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Malaysia atas kesempatan tersebut, dan memberi kemenangan pada Thailand dihadapan 80.000 penonton," kata pelatih Thailand Worawooot Srimaka seperti dilansir situs resmi Sea Games.

 "Kemenangan malam ini sangat bagus bagi kita di antara dua tim yang memiliki kesempatan setara memenangkan emas. Tapi saya pikir kami sedikit lebih beruntung." kata Srimaka lagi.

Pemain  Thailand sangat solid di daerah pertahanan sendiri,  dan jarang membuat kesalahan yang dimanfaatkan Malaysia.

Sementara itu Malaysia bukannya tidak ada peluang untuk mencetak gol, ada beberapa peluang emas terutama lewat Muhammad Nor Azan Abdul Azim di pertengahan babak kedua.

Permainan Malaysia semakin tidak berkembang, ketika hujan turun membasahi rumput Stadion Shah Alam Malaysia.

"Sangat disayangkan bahwa dia (Kiper Haziq Nadzli) membuat gol bunuh diri ," kata pelatih  Malaysia Datuk Ong Kim Swee, saat ditanya tentang kekalahan Malaysia.

 "Sulit bagi pemain muda tapi saya yakin pelajaran ini akan bermanfaat baginya di masa depan." ujar Datuk Ong lagi.

Baca : Juara Liga Prancis Ligue 1-2016/2017, AS Monaco.

No comments:

Post a Comment

OPINI / ESAI :

Jadikan Piala Presiden seperti Copa del Rey

Piala Presiden seperti Copa del Rey ? Kenapa tidak ?