Wednesday 1 November 2017

Stadion Batakan Jadi, Persiba Degradasi.

Sungguh tragis nasib Persiba Balikpapan. Disaat Stadion Batakan yang begitu mewah sudah selesai dibangun,  nasib Persiba Balikpapan justru  degradasi dari Liga 1 ke Liga 2.

Degradasinya Persiba Balikpapan dari Liga 1, membuat kumpulan klub sejak era ISL (Indonesia Super League) pada 2008/2009 , yang belum pernah turun kasta menjadi berkurang satu. Sebelumnya Persiba bergabung bersama delapan klub lainnya yang belum pernah terdegradasi dari kompetisi kasta tertinggi.

Menurut data dari situs resmi Liga Indonesia, delapan klub yang belum pernah terdegradasi sejak era ISL adalah Persipura, Persib, SFC, Persela, Persija, PSM, Madura United, dan Arema FC. Dua klub yang disebutkan terakhir, mengalami perubahan identitas dari nama awal pada 2008/2009, yaitu Pelita Jaya dan Arema Indonesia.
Kemudian PSM, meski pernah keluar dari ISL dan memilih kompetisi IPL pada 2012, tetap dianggap belum pernah degradasi. Pasalnya kompetisi IPL pada musim 2012 menjadi kompetisi resmi PSSI. Sedangkan klub abadi lainnya tetap berkompetisi di ISL, yang sempat tidak mendapat pengakuan. Tapi pada 2013 semua kembali bersatu dalam kompetisi yang sama.
Dengan turunnya Persiba ke kompetisi kasta kedua, seolah mengulang cerita mereka yang jatuh pada 1998/1999. Musim di mana terjadinya reformasi perpolitikan Indonesia yang memaksa final Liga Indonesia diangkut ke Stadion Klabat Manado, Persiba harus turun kasta ke Divisi 1.
Ketika itu Persiba hanya finis di peringkat keenam Grup E Wilayah Timur Liga Indonesia 1998/1999. Pada masa itu kompetisi Liga Indonesia dibagi menjadi lima grup, dengan masing-masing grup ada yang berisi lima atau enam tim.
Butuh perjuangan selama lima musim buat Persiba Balikpapan kembali ke kompetisi level tertinggi. Tepatnya pada musim 2004, Persiba baru meraih tiket promosi ke Divisi Utama, setelah menempati peringkat keempat Grup Timur Divisi 1.
Sejak itu hingga 2017 dengan diselingi momentum perubahan kasta kompetisi di Indonesia pada 2008/2009, Persiba Balikpapan selalu beredar di orbit tertinggi.
Tapi musim 2017 ini, Persiba kehilangan daya. Tim "Selicin Minyak" harus turun kasta kembali berjuang di kompetisi kasta kedua, justru saat mereka  sudah memiliki  stadion baru dan mewah, Stadion batakan.
Stadion Batakan diklaim mampu menampung 40.000 penonton. Lokasi stadion ini ada di Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur. Pembangunan tahap pertama  sudah dimulai tanggal 10 Juni 2010, dengan menelan biaya sekitar Rp. 1,4 Triliun.
Sebelum menggunakan Stadion Batakan, tim Persiba selalu menggunakan Stadion Persiba yang hanya mampu menampung 10.000 penonton.


No comments:

Post a Comment

OPINI / ESAI :

Jadikan Piala Presiden seperti Copa del Rey

Piala Presiden seperti Copa del Rey ? Kenapa tidak ?