Saturday 4 March 2017

Sepakbola China Makin Menggeliat.

Fabio Cannavaro melatih salah satu klub China
Chinese Super League (CSL) musim 2017 akan memulai kompetisinya akhir pekan ini.  Dan klub-klub besar/kaya makin gila dalam berinvestasi dengan mentransfer  pemain-pemain top. Media Xinhua melansir ada beberapa pemain top yang bakal meramaikan bursa transfer musim baru ini.




1. Oscar - Shanghai SIPG
Pemain asal Brasil  ini  dilaporkan telah memecahkan rekor transfer klub China.  Oscar memecahkan rekor transfer  senilai 64 juta dolar AS. Tidak diragukan lagi, Oscar berada di papan atas daftar transfer China.
Gelandang serang 25 tahun ini  telah menghabiskan Empat tahun di klub Liga Premier Chelsea, di mana ia mencetak 38 gol dalam 203 penampilan dan memenangkan gelar liga di tahun 2015.
Oscar disejajarkan dengan pemain lain, seperti Mesut Ozil,  dan pemain Brasil Kaka, karena kemampuannya sebagai seorang playmaker.  Pada tanggal 20 Agustus 2011, ia mencetak tiga gol dalam kemenangan akhir 2011 Piala Dunia U-20 melawan Portugal. Oscar juga menjadi pemain pertama yang mencetak hat-trick di final Piala Dunia U-20.

1. Hulk - Shanghai SIPG
Hulk juga seorang pesepakbola Brasil. Ia bergabung dengan Shanghai SIPG dengan  kesepakatan  transfer sebesar  58,8 juta dolar AS musim panas lalu. Sebelum kedatangan Oscar, dialah pemegang transfer tertinggi. Mantan striker Zenit  ini telah menghibur penggemar Shanghai SIPG  dalam dua putaran pertama grup AFC Champions League,  di mana ia menyumbangkan dua gol dan dua assist.

3. Carlos Tevez - Shanghai Shenhua
Setelah menandatangani kontrak dua tahun dengan Shenhua, mantan striker Manchester United dan Manchester City asal Argentina telah dilaporkan menjadi pemain bergaji tertinggi di dunia.
Meskipun usianya kini 33 tahun, permainan Tevez masih cukup prima di lapangan. Di Argentina, ia memulai kariernya  di Boca Juniors, dengan 34 kali bermain mencetak 14 gol.

4. Alexander Pato - Tianjin Quanjian
Jika tidak ada cedera, Pato bisa menjadi salah satu striker top di dunia. Dia pernah dianggap sebagai harapan Selecao dan klub sepak bola Italia AC Milan, tapi kariernya merosot tajam karena cedera.
Setelah berjuang beberapa tahun di Brazil, Inggris dan Spanyol,  pemain berusia 27 tahun ini memilih  bermain di Chinese Super League. Dan Tianjin Quanjian menjadi pilihannya.

5. Axel Witsel - Tianjin Quanjian
Di bawah pelatih asal Italia  Fabio Cannavaro,  Klub Tianjin  Quanjian berambisi menggapai prestasi  menyongsong CSL musim ini. Apalagi Quanjian sudah mendapatkan tanda tangan pemain serba bisa dari Belgia, Witsel.
Witsel bisa beroperasi di gelandang tengah, gelandang serang, dan sayap kanan.
Pemain berusia 28 tahun ini memulai debut senior internasional pada tahun 2008,  dan memegang  lebih dari 70 caps untuk Belgia. Belgia pernah diperkuatnya  pada Piala Dunia 2014 dan Piala Eropa 2016.

6.Wu Lei - Shanghai SIPG
Nama Wu Lei tidak bisa dipisahkan dari klub Shanghai SIPG. Kalau diistilahkan , mungkin hampir sama dengan Bambang Pamungkas  yang tidak bisa dipisahkan dengan Persija  Jakarta.
Wu Lei adalah masa depan bagi  timnas China.
Dia melakukan debut untuk klubnya  pada 2 September 2006. Ia menjadi pemain termuda yang pernah bermain di  sepak bola profesional Cina. Waktu itu, Wu Lei masih berusia 14 tahun 287 hari.

No comments:

Post a Comment

OPINI / ESAI :

Jadikan Piala Presiden seperti Copa del Rey

Piala Presiden seperti Copa del Rey ? Kenapa tidak ?