Tuesday 2 May 2017

Prediksi Ajax vs Lyon



Ajax vs Lyon mengawali babak semifinal Leg 1 Liga Europa musim 2016/2017.  Ajax menjamu  Lyon di Amsterdam Arena (Johan Cruiff ArenA) Kamis  dinihari (4/5/2017).

Bertanding di hadapan pendukungnya sendiri, Ajax dipastikan tidak diperkuat Bek kiri Daley Sinkgraven, karena tengah mengalami cedera lutut.  Namun demikian Ajax masih diunggulkan, karena pemain kunci Ajax  tetap turun. Dialah Kasper  Dolberg.

Kasper Dolberg adalah pemain Denmark yang baru berusia 19 tahun.  Saat ini tim-tim elit Eropa sedang mengincar  Kasper Dolberg. Sepanjang musim ini, Dolberg sudah mencetak 19 gol dan 8 assist, dalam 43 pertandingan. Sebuah pencapaian bagus untuk ukuran striker muda seusia dia.

Menghadapi wakil Prancis, Lyon, penampilan Ajax secara tim tidak begitu meyakinkan. Ajax baru saja mengalami dua kekalahan dan tiga kemenangan, dari lima pertandingan di semua  kompetisi. Mereka menang 1-5 saat bertandang di markas NEC. Menang 2-0   lawan Shalke. Lalu menang 5-1 atas Heerenven, kalah 3-2 dari Shalke , dan kalah 1-0 dari saingannya di Liga Belanda, PSV.

Pencapaian Ajax di Liga Europa sebenarnya  cukup apik. Ini sebagai  ganti gagalnya Ajax  di Liga Champions. Ajax  tersingkir di Liga Champions sejak babak kualifikasi. Ajax waktu itu  harus bersaing dengan Celta Vigo, Standar Liege, dan Panathinaikos, dan mereka tak terkalahkan dengan empat kemenangan dan dua kali seri untuk memenangkan grup tersebut. Di babak 32 Liga Champions, Ajax mengatasi Legia Warsawa 1-0 secara aggregat. Di babak 16 besar, mereka bangkit dari ketinggalan untuk mengalahkan Kopenhagen dengan skor aggregat 3-2. Di perempatfinal, mereka mengalahkan tim Bundesliga Jerman Schalke 4-3.

Perkiraan Formasi : 4-3-3
Perkiraan susunan pemain :
Kiper: Onana
Belakang: Veltman, De Ligt, Sanchez, Viergever
Tengah: Schone, Zlyech, Klaassen
Depan: Traore, Younes, Dolberg

Bagaimana dengan LYON ?
Wakil Prancis Lyon  dimungkinkan berjuang tanpa  Bek Tengah Emanuel Mammana dan striker kunci Alexandre Lacazette. Mereka berdua  sedang cedera.  Sungguh kerugian amat besar  bagi Lyon di saat menghadapi partai krusial . Sementara itu  Winger Memphis Depay  masih tanda Tanya untuk diturunkan,  setelah kepindahannya  Manchester United di musim dingin.


Tanpa striker haus gol,  Alexandre Lacazette, Lyon mungkin akan memaksimal peran  pemain sayap veteran Mathieu Valbeuna untuk maju  sebagai striker. Valbuena memiliki kemampuan, sayangnya ia  tipe pemain yang tidak konsisten. Ini perlu diubah jika tim barunya akan maju dalam turnamen ini, terutama tanpa Lacazette. Valbuena memiliki sembilan gol musim ini, namun tak satu pun  gol lahir di ajang Liga Europa.

Lyon telah melewatkan tiga kekalahan dan dua kemenangan dalam lima pertandingan terakhir di semua kompetisi. Sebuah kekalahan 1-4 di kandang sendiri saat lawan Lorient . Lalu  memang  dikandang sendiri saat lawan Besiktas dengan skor 2-1. Ketika  bertamu di kandang Besiktas, gantian Lyon yang kalah 2-1. Ketika lawan AS Monaco,  Lyon kalah 1-2.  Kemudian  menang 2-1 saat lawan Angers di kompetisi Ligue 1.

Bagaimana Lyon bisa sampai di Liga Europa ?
Lyon berada di urutan ketiga pada babak  grup Liga Champions. Lyon pun lalu ‘diturunkan’ ke Liga Europa. Di babak 32 besar,  Lyon menang besar  lawan Az Alkmaar dengan skor aggregat 11-2. Babak 16 besar, Lyon mengalahkan wakil Italia AS Roma  dengan aggregat 5-4.  Mereka kemudian bermain imbang 3-3 dengan Besiktas di perempatfinal, namun Lyon  melaju ke semifinal Liga Europa setelah menang adu pinalti lawan Besiktas.

Formasi : 4-3-3
Perkiraan susunan pemain :
Kiper: Lopes
Belakang : Jallet, N'Koulou, Diakhaby, Morel
Tengah: Gonalons, Tousart, Tolisso
Depan: Cornet, Valbuena, Fekir

Head-to-Head :
22 Nov’ 2011 : Lyon 0-0 Ajax
14 Sep’ 2011 : Ajax 0-0 Lyon
30 Okt’ 2002 : Lyon 0-2 Ajax
17 Sep’ 2002 : Ajax 2-1 Lyon.


No comments:

Post a Comment

OPINI / ESAI :

Jadikan Piala Presiden seperti Copa del Rey

Piala Presiden seperti Copa del Rey ? Kenapa tidak ?