Thursday 25 May 2017

Ajax 0-2 MU, Manchester United Raih Trofi Liga Europa

(Foto : Ekspresi Paul Pogba usai cetak gol)

Manchester United akhirnya meraih Trofi Juara Liga Europa/UEFA Europa League, setelah pada pertandingan Kamis dinihari (25/5/2017), berhasil mengalahkan perlawanan tim dari Belanda Ajax Amsterdam dengan Skor 2-0. Dua gol untuk kemenangan Setan Merah, diciptakan Paul Pogba menit ke-18, dan Henrikh Mkhitaryan menit ke-48'.

Pertandingan partai final yang digelar di Friends Arena, Solna, berlangsung dalam tempo cepat dan keras, sehingga wasit mengeluarkan 6 Kartu Kuning, masing-masing tiga kartu kuning untuk Ajax, dan tiga untuk Manchester United.

Pada babak pertama,  Ajax berinisiatif melakukan penyerangan, namun Manchester United yang  menurunkan Sergio Romero sebagai penjaga gawang, mampu menjaga sarangnya sengan baik. Ajax juga unggul dalam penguasaan bola.

Meski unggul penguasaan bola, Manchester United lebih efektif. Pada menit 18, United berhasil menciptakan gol lewat Paul Pogba. Pemain termahal di dunia ini melakukan tendangan ke gawang Ajax, dan terkebih dulu membentur salah satu pemain belakang Ajax. Bola yang sedikit berbelok arah ini membuat Kiper  Ajax  Andre Onana tak bisa berkutik. Gol 1-0 untuk Manchester United.

Dibabak kedua, penguasaan bola masih dipegang Ajax, namun pengalaman melakukan strategi bertahan  yang diterapkan Jose Mourinho membuat  para pemain Ajax sulit membongkar daerah pertahanan United, yang ditempati Matheo Darmian, Daley Blind, Chris Smailing, Antonio Valencia.

Manchester United malah menambah sebiji gol lagi lewat Henrikh Mkhitaryan pada menit 48. Gol lahir dari sepak pojok. Bola melambung di depan gawang Ajax, ditanduk Chris Smailing. Bola yang mengarah ke Henrik Mikhitaryan digocek sebentar, sebelum akhirnya menceploskan bola ke gawang Ajax, skor 2-0 untuk Manchester United.

Trofi Liga Europa yang direbut Manchester United, adalah trofi yang ketiga. Sebelumnya Manchester United besutan Jose Mourinho meraih trofi Community Shield dan Piala Liga.

Susunan Pemain :
Ajax : Andre Onana (gk), Joel Veltman, Davinson Sanches, Matthijs de Ligt, Davy Klaassen, Hakim Ziyech, Jairo (Frenkie deJong 82'), Lasse Schoene (Donny van Debeek70'),  Bertrand Traore, Kasper Dolberg( David Neres 67').

MU : Sergio Romero (gk), Matheo Darmian, Daley Blind, Chris Smailing, Antonio Valencia,  Ander Herera, Henrikh Mkhitaryan  (Lingard 74'),  Pogba, Felaini, Mata (Wainey Rooney 90')  Rasford (Martial 84').

Perbandingan Statistik  Ajax : Manchester Uniws
Shot on target : 3-4
Shot of target : 6-1
Penguasaan bola : 67-33
Sepak pojok : 5-2
Offsise : 0-1
Pelanggaran : 15-17
Kartu Kuning : 3-3

(Sumber : bolajawara.com )

No comments:

Post a Comment

OPINI / ESAI :

Jadikan Piala Presiden seperti Copa del Rey

Piala Presiden seperti Copa del Rey ? Kenapa tidak ?